Cara Ngeteh Yang Benar

Pada dasarnya tidak ada aturan tentang cara minum teh yang benar. Setiap orang memiliki selera masing-masing. Bahkan bagi mereka yang memiliki indera pengecap terbaik pun belum tentu memiliki selera yang sama. Teh terenak sifatnya sangat relatif, tergantung siapa yang meminumnya. Untuk itu, buat saja secangkir teh favorit Anda dan nikmatilah, jangan terlalu berpatokan pada tahap-tahap rumit mengenai waktu dan suhu air yang digunakan dalam membuat teh.

Beda kasusnya dengan orang yang masih bingung dengan cara membuat sepoci teh dari daun teh (bukan teh instan atau teh celup). Sebenarnya membuat sepoci teh lebih mudah dibandingkan membuat sepoci kopi. Secara singkat, panaskan air, tuangkan sedikit ke dalam poci, goyang-goyang hingga membasahi seluruh permukaan dalam poci, lalu buang air tersebut baru kemudian masukkan daun teh ke dalam poci.

Instruksi yang lebih detail adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan air dingin yang segar (air dari sumber mata air, misalnya air mineral botolan atau air yang sudah difilter dengan baik) untuk mulai membuat teh poci. Jangan menggunakan air yang sudah pernah direbus, lalu digunakan lagi karena akan berpengaruh terhadap rasa dari air.
  2. Panaskan air, tuangkan sedikit ke dalam poci, goyang-goyang hingga membasahi seluruh permukaan dalam poci, lalu buang air tersebut. Hal ini dilakukan agar air panas yang dituangkan ke dalam poci tidak menjadi dingin dengan cepat saat bersentuhan dengan daun teh. Selain itu, ini untuk memberi waktu daun teh agar membuka dan rileks sebelum dituangkan air panas. Daun teh akan shock ketika kita menuangkan air panas ke dalamnya secara tiba-tiba sehingga akan berpengaruh pada aroma dan rasa dari daun teh.
  3. Masukkan daun teh ke dalam poci (atau tea-infuser). Jangan menaburkan teh terlalu banyak. Anda bisa menambahkannya lebih banyak pada tahap selanjutnya.
  4. Tuangkan air panas di atas daun teh dan tutup teko. Namun jika ingin teh cepat dingin, biarkan tetap terbuka. Jangan mendidih air yang mendidih terlalu lama karena akan merusak cita rasa dari teh dan mengurangi aroma dari bahan yang akan ditambahkan kemudian.
  5. Langkah selanjutnya lakukan menurut selera Anda. Cara mudah untuk mengingat adalah selalu awali dengan membiarkan teh (semua jenis teh) di dalam air panas selama 2-3 menit sehingga akan dihasilkan teh yang sempurna. Jika rasa dari teh terasa kurang nendang, tambahkan teh lebih banyak pada tahap berikutnya. Jangan pernah merendam teh dalam air panas terlalu lama jika ingin mendapatkan rasa teh yang lebih kuat. Jika tidak maka Anda akan kehilangan aroma khas teh yang menakjubkan sehingga pada seduhan kedua Anda akan kehilangan nikmatnya. Jika rasa teh terlalu kuat, kurangi teh pada seduhan kedua.
  6. Sementara menunggu teh, bilas cangkir dengan air panas, seperti perlakuan pada poci teh sebelumnya.
  7. Jika suka milktea, tuangkan susu terlebih dahulu ke cangkir. Hal ini untuk mencegah susu membeku atau menggumpal.
  8. Sebelum menuangkan teh, goncangkan poci sedikit dan biarkan daun teh mengendap lagi. Selanjutnya, tuang air teh ke dalam cangkir atau mug favorit Anda.
  9. Rasakan teh Anda. Jika suka, tambahkan gula atau lemon. Gula, lemon, atau penambah lainnya ditaruh di paling akhir. Beberapa teh ada yang lebih manis daripada jenis teh lainnya dan ada kemungkinan Anda tidak perlu menambahkan apa-apa.
  10. Jika menggunakan kantung teh, gunakan satu kantung untuk satu cangkir. Jika suka susu, masukkan susu ke dalam cangkir lalu masukkan kantung teh ke dalam cangkir kemudian tuangkan air panas. Terakhir, bagi yang suka, Anda bisa menambahkan gula atau lemon.

Selamat mencoba :)     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>